UNDANGAN DISKUSI POTENSI KERJASAMA COOP COFFEE DENGAN RABOBANK FOUNDATION DI KANTOR PUSAT RABOBANK, UTRECHT
18 November 2019


Sebagai seorang penggiat dan pelaku koperasi, juga boleh dibilang pula sebagai 'pemuja' sistem bisnis koperasi, sudah sejak lama nama Rabobank menjadi acuan dan tujuan dari kunjungan saya dan tim Coop Coffee.

Pagi hari sebelum jam 10 pagi, saya dan tim sudah tiba di Kantor Pusat Rabobank di Utrecht sebagaimana sudah dibuatkan pertemuan dengan Direktur Rabobank Foundation pukul 10 pagi.

Rabobank sendiri dalam bahasa sederhana adalah bank koperasi atau koperasi berwujud bank yang bermula dari seorang penggerak bernama Friederich Wilhelm Raiffeisen yang pada masa hidupnya tersentuh dengan kenyataan kehidupan petani dan keluarganya yang miskin.

Sebenarnya Rabobank sendiri adalah hasil merger dua koperasi besar yaitu Cooperatieve Centrale Raiffeisen-Bank dan Cooperative Centrale Boerenleenbank yang di tahun 1940 menjadi Cooperatieve Centrale Raiffeisen-Boerenleenbank atau Rabobank.

Kunjungan hari ini merupakan kunjungan perdana saya dan tim di Kantor Pusat Rabobank untuk bertemu dengan Direktur Rabobank Foundation beserta Manager Program Kopi untuk Asia dan Indonesia sebagaimana pertemuan ini sudah direncanakan jauh-jauh hari dan saya telah berkomunikasi intens sebelumnya dengan Direktur mereka pada maksud dan tujuan menjajaki partnership Coop Coffee bersama Program mereka di pemberdayaan petani kopi pada 3 pilar yang menjadi program Rabobank Foundation yaitu pada akses teknologi, akses pembiayaan dan akses edukasi.

Pada pertemuan yang berlangsung, kami mendapat perkenalan dan penjelasan program khusus kopi yang cukup jelas hingga berhubungan dengan Manager program kopi untuk Indonesia lewat teleconference yang cukup bermanfaat.

*ditulis oleh Reza