PENJAJAKAN EKSPOR KOPI BALI UNTUK KALDI COFFEE FARM BERSAMA ATASE PERDAGANGAN RI UNTUK JEPANG
17 Januari 2020


Menjadi kunjungan bisnis rutin Coop Coffee setiap tahunnya ke Jepang untuk menjajaki perdagangan kopi khususnya ke Jepang, tahun ini, saya dan tim Coop Coffee termasuk mengajak Kepala Bidang Program Kemitraan - Kementerian Koperasi & UKM RI.

Pada kunjungan kali ini memang kali telah membuat janji pertemuan bisnis dengan perusahaan kopi Jepang dengan gerai toko retail cukup banyak di Jepang serta pembuat produk kopi drip bernama Kaldi Coffee Farm.

Janji pertemuan bisnis ini dilakukan di hari Jumat, 17 Januari 2020 di kantor pusat perusahaan mereka di bilangan Setagaya yang masih termasuk kawasan distrik kota istimewa Tokyo. Juga ditemani oleh Atase Perdagangan KBRI di Tokyo, kami datang sedikit terlambat dikarenakan pencarian lokasi Gedung yang terbilang tidak mudah walaupun telah menggunakan fasilitas 'Google Maps'. Akhirnya kami pun bertemu dengan GM Divisi Bisnis Kopi Perusahaan Kaldi Coffee Farm dan membahas potensi bisnis penjualan kopi Bali.

Satu hal penting yang saya catat pada hasil penjajakan bisnis tersebut adalah bahwa sebenarnya Kaldi Coffee Farm pernah melakukan pembelian kopi Bali sebelumnya hingga 3 (tiga) kali Purchase Order kepada trader di Jepang namun konsistensi rasa menjadi permasalahan bagi mereka untuk terus membeli kopi Bali sehingga akhirnya mereka memutuskan untuk tidak melanjutkan pembelian kopi Bali dan masih hanya membeli kopi Mandailing hingga saat ini. Akhirnya 1 jam pembicaraan bisnis pun berlalu dan kami meninggalkan kantor mereka dengan menyerahkan sampel green bean untuk diuji cita rasa oleh mereka.

Selanjutnya sesampai di ibukota Jakarta, saya pun menindaki komunikasi penjajakan bisnis ini lewat email yang saya paparkan di bawah ini dengan menutup nama kontak dan email kontak demi kerahasiaan bisnis.



*ditulis oleh Reza