SEJENAK MENCARI INSPIRASI DI MUSEUM LAVAZZA, TORINO
24 November 2019


Perjalanan tim Coop Coffee di Eropa juga sampai ke negara Italia di wilayah Italia Utara. Milan merupakan kota tujuan perhentian pertama kami di Italia dikarenakan jadwal perjalanan Coop Coffee yang berkonsultasi dengan kantor ITPC : Indonesian Trade Promotion Center di kota Milan. Selanjutnya, setelah berkonsultasi dengan teman-teman di ITPC Milan sebagai langkah awal mendengarkan potensi kopi Indonesia untuk Italia, tentunya siapa yang tidak mengenal brand kopi ternama Lavazza milik negara ini yang menurut catatan sejarah sudah memulai bisnis kopi sejak tahun 1895 yang bermula dari sebuah toko kelontong kecil di Turin atau Torino biasa disebut oleh orang Italia.

Keberadaan kami di kota Milan tidak kami sia-siakan dengan keesokan harinya mengunjungi kota Turin (Torino) sebagai legenda kota kopi Lavazza yang hanya berjarak sekitar 1,5 jam menggunakan mobil dan hanya kurang dari 1 jam dengan menggunakan kereta. Dan destinasi kami adalah Museum Lavazza. Sudah terbayang oleh kami bahwa kami dapat memperoleh banyak informasi tentang sejarah kopi Lavazza di sana namun yang lebih mengesankan ternyata bukan hanya sekedar sejarah keluarga Lavazza memulai bisnis kopinya namun banyak informasi interaktif menggunakan teknologi digital dapat kita nikmati di Museum ini terkait mulai dari budiaya kopi, pengolahan kopi hingga penyajian kopi melalui pengalaman 'touch screen'. Bahkan ada ruangan khusus di lantai atas di mana kopi bertemu dengan fashion menghasilkan pendekatan dan sajian seni yang memberikan inspirasi serta munculnya maskot kopi Lavazza.

Di akhir perjalanan mengitari Museum Lavazza, para pengunjung Museum 'dicegat' sebelum menuju pintu keluar dengan penyajian kopi espresso terbaik Lavazza dan es kopi yang diberikan cuma-cuma untuk melengkapi akhir perjalanan kunjungan di Museum.

*ditulis oleh Reza