COFFEE TRADE/ BUSINESS TALK AT DAARNHOUWER, BV, ZAANDAM
18 November 2019


Nama Daarnhouwer cukup bekend / terkenal di dunia trading kopi Indonesia sebagaimana eksistensi perusahaan ini di Belanda telah berkiprah di perdagangan kopi sejak 110 tahun yang lalu dan telah beroperasi di Indonesia, Sumatera tepatnya sejak tahun 1980 untuk memburu green bean/ biji kopi.

Tentunya mengunjungi kantor pusat Daarnhouwer di kota Zaandam, yang boleh dibilang letaknya yang tetanggaan dengan kota Amsterdam, sudah menjadi tujuan utama kunjungan tim Coop Coffee.

Sebelum kunjungan terjadi di hari H, tentunya, saya sudah menghubungi kontak pimpinan yang membawahi perdagangan kopi dan bahkan saya sudah sempat bertemu dengan kontak perdagangannya di kantor Daarnhouwer di Medan-Binjai sehingga agenda kedatangan kami sudah cukup jelas dengan maksud membuka peluang penjualan kopi Bali yang sudah pula dilakukan sampling dan cupping kopi Bali kami.

Pembicaraan bisnis terjadi hampir 1 jam dan cukup lugas dengan komitmen dari masing-masing pihak untuk mempersiapkan supply kopi dan kepastian pembelian kopi dari sampel yang sudah disepakati.

*ditulis oleh Reza